Surau TV

Banner

Mengenang Tenas Effendy, LAMR Gelar Syarahan Kebudayaan

Image
Tuesday, 27 February 2018 | 20:35:09 WIB


PEKANBARU (nusapos.com)- Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) bersempena mengenang budayawan Riau Dr. (Hc). H. Tenas Effendy (Haul ke-3 Tahun 2018) akan menggelar Syarahan Kebudayaan menghadirkan H. Griven H Putera, M.Ag, di Balai Adat Melayu Riau, Rabu (28/2/2018), mulai pukul 08.30 sampai 11.30 WIB.


Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar mengatakan Griven H Putera yang juga kandidat Doktor Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Pekanbaru ini pada kesempatan tersebut akan menyampaikan syarahan berjudul "Mengingat Sang Da’i Kebudayaan".


Menurut Syahril, LAMR tiga tahun terakhir secara rutin menggelar kegiatan Mengenang H Tenas Effendy. Tokoh Melayu yang memiliki nama lengkap Tengku Nasaruddin Said Effendy ini merupakan sosok yang sangat dikenal di alam Melayu dan sulit dicari gantinya.

Allahu yarham selama hidupnya telah menghasilkan sejumlah 62 buku lebih, dan menghasilkan 186 kertas kerja yang disampaikannya dalam seminar di dalam dan luar negeri, seperti di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Belanda, Thailand dan lain-lain.  

"Tahun lalu, LAMR juga menggelar acara Mengenang H Tenas Effendy dengan menghadirkan budayawan Riau Taufik Ikram Jamil," kata Syahril.


Syahril mengatakan melalui kegiatan ini LAMR berharap nilai-nilai perjuangan, keteladanan dan tunjuk ajar Allahu yarham H Tenas Effendy dapat menjadi inspirasi dan pedoman dalam menjulang adat dan budaya Melayu khususnya di Bumi Melayu Lancang Kuning Provinsi Riau.
"Gajah mati meninggalkan gading. Harimau mati meninggalkan belang. Manusia mati meninggalkan nama. Nama baik jadi sebutan. Budi baik jadi ikutan. Kerja baik jadi teladan. Allahu yarham Tenas pantas menjadi contoh bagi kita semua," kata Syahril.


Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Mengenang H Tenas Effendy H Khaidir Akmalmas mengatakan pihaknya telah menyiapkan segala sesuatu untuk memastikan kegiatan ini berjalan lancar.


Menurut Khaidir, selain akan dihadiri para pengurus LAMR, kegiatan ini juga akan dihadiri kalangan dosen, mahasiswa, paguyuban etnis di Pekanbaru, guru muatan lokal budaya Melayu Riau, peminat kebudayaan, dan lainnya. "Kami juga mengundang anggota Forkompimda pada acara ini," kata Khaidir.

Sebagaimana dimaklumi budayawan H Tenas Effendy, lahir di Dusun Tanjung Malim, Kuala Panduk pada 9 November 1936 merupakan anak dari Tengku Said Umar Muhammad Aljufri dan Tengku Syarifah Azamah binti Tengku Said Jaafar.


Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat LAMR masa khidmat 2012-2017 ini wafat di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru pada 28 Februari 2015 dalam usia 79 tahun. 

Sumber : Rilis LAMR

Laporan : -

Editor : Red

loading...